Cara Mudah Install MariaDB di CentOS 8: Panduan Lengkap untuk Pemula
Cara Mudah Install MariaDB di CentOS 8: Panduan Lengkap untuk Pemula

Cara Mudah Install MariaDB di CentOS 8: Panduan Lengkap untuk Pemula

Jika Anda adalah seorang pemula yang tertarik untuk menginstal MariaDB di sistem operasi CentOS 8, maka Anda berada di tempat yang tepat! Dalam panduan ini, saya akan memberikan langkah-langkah mudah untuk menginstal MariaDB di CentOS 8. Tidak perlu khawatir, panduan ini ditulis dalam bahasa yang sederhana dan jelas sehingga Anda dapat mengikutinya dengan mudah.

MariaDB adalah sistem manajemen basis data yang populer dan merupakan pengganti yang kompatibel dengan MySQL. Dengan menginstal MariaDB di CentOS 8, Anda akan dapat mengelola dan mengakses basis data dengan mudah, baik untuk keperluan pribadi maupun profesional. Meskipun mungkin terdengar rumit, instalasi MariaDB di CentOS 8 sebenarnya sangat mudah dilakukan, bahkan bagi pemula sekalipun.

Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah yang lengkap untuk menginstal MariaDB di CentOS 8. Mulai dari persiapan sebelum instalasi, pengaturan repositori, hingga langkah terakhir untuk menguji instalasi MariaDB. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat menginstal MariaDB dengan cepat dan efisien, tanpa perlu khawatir tentang kesalahan atau kebingungan yang mungkin Anda alami.

Cara Mudah Install MariaDB di CentOS 8: Panduan Lengkap untuk Pemula

MariaDB adalah sistem manajemen basis data relasional yang populer dan sering digunakan sebagai pengganti MySQL. Di artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah lengkap untuk menginstal MariaDB di CentOS 8. Panduan ini dirancang khusus untuk pemula yang ingin mempelajari cara menginstal MariaDB dengan mudah.

Langkah 1: Memperbarui Sistem

Sebelum memulai proses instalasi, pastikan CentOS 8 Anda diperbarui dengan versi terbaru. Anda dapat menggunakan perintah berikut pada terminal untuk melakukan pembaruan sistem:

sudo yum update

Langkah 2: Memasang Repositori MariaDB

Selanjutnya, kita perlu memasang repositori MariaDB ke CentOS 8. Repositori ini akan memungkinkan kita untuk mengunduh dan menginstal paket MariaDB dengan lebih mudah. Jalankan perintah berikut untuk menambahkan repositori:

sudo yum install epel-releasesudo yum install https://downloads.mariadb.com/MariaDB/mariadb_repo_setup

Langkah 3: Menginstal MariaDB

Setelah repositori terpasang, kita bisa melanjutkan dengan proses instalasi MariaDB di CentOS 8. Gunakan perintah berikut pada terminal:

sudo yum install MariaDB-server MariaDB-client

Langkah 4: Mengamankan Instalasi

Setelah proses instalasi selesai, kita perlu mengamankan instalasi MariaDB untuk melindungi basis data kita. Jalankan perintah berikut untuk memulai langkah pengamanan:

sudo mysql_secure_installation

Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi root MariaDB. Ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar untuk mengamankan instalasi.

Langkah 5: Memulai dan Mengaktifkan MariaDB

Setelah instalasi selesai dan pengamanan dilakukan, kita bisa memulai dan mengaktifkan MariaDB sebagai layanan di CentOS 8. Gunakan perintah berikut untuk memulai dan mengaktifkannya:

sudo systemctl start mariadbsudo systemctl enable mariadb

Sekarang MariaDB sudah terinstal di CentOS 8 Anda dan siap digunakan. Anda dapat memverifikasi statusnya dengan perintah:

sudo systemctl status mariadb

Kesimpulan

Selamat! Anda telah berhasil menginstal MariaDB di CentOS 8. Dalam panduan ini, kita telah membahas langkah-langkah lengkap mulai dari memperbarui sistem hingga mengamankan instalasi MariaDB. Sekarang Anda dapat mulai menggunakan MariaDB sebagai sistem manajemen basis data yang andal dan kuat untuk proyek-proyek Anda.

Untuk kesimpulannya, menginstal MariaDB di CentOS 8 tidaklah sulit, terutama bagi pemula. Dalam panduan ini, kami telah memberikan langkah-langkah lengkap dan jelas untuk membantu Anda menginstal MariaDB dengan mudah. Mulai dari mempersiapkan lingkungan, mengunduh dan menginstal paket yang dibutuhkan, hingga mengonfigurasi MariaDB dan menguji koneksi. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat menginstal MariaDB dengan sukses dan siap untuk digunakan.

Berikut adalah beberapa FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan) yang sering muncul terkait menginstal MariaDB di CentOS 8:

1. Apa perbedaan antara MariaDB dan MySQL?

MariaDB dan MySQL adalah sistem manajemen basis data relasional yang serupa. MariaDB merupakan cabang dari MySQL yang dikembangkan oleh komunitas open source setelah Oracle mengakuisisi MySQL. Meskipun memiliki perbedaan teknis tertentu, keduanya masih kompatibel dan dapat digunakan secara serupa.

2. Apakah saya perlu menghapus MySQL sebelum menginstal MariaDB?

Tidak, Anda tidak perlu menghapus MySQL sebelum menginstal MariaDB. MariaDB dapat diinstal dan berjalan secara paralel dengan MySQL, dan Anda dapat memilih untuk menggunakan salah satunya atau keduanya tergantung pada kebutuhan Anda.

3. Bagaimana cara memverifikasi keberhasilan instalasi MariaDB?

Anda dapat memverifikasi keberhasilan instalasi MariaDB dengan menjalankan perintah ‘mysql -V’ untuk memeriksa versi MariaDB yang terpasang. Jika versi MariaDB ditampilkan dengan benar, itu berarti instalasi berhasil.

4. Apakah saya perlu mengonfigurasi firewall setelah menginstal MariaDB?

Ya, setelah menginstal MariaDB, disarankan untuk mengonfigurasi firewall untuk melindungi basis data Anda. Anda dapat menggunakan perintah ‘firewall-cmd’ untuk mengatur aturan firewall yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Bagaimana cara mengamankan instalasi MariaDB?

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengamankan instalasi MariaDB. Beberapa langkah yang direkomendasikan termasuk mengubah kata sandi pengguna root, membatasi akses ke server hanya dari host yang dipercaya, dan mengenkripsi koneksi ke server menggunakan SSL.

Video Yang Terkait Dengan Cara Mudah Install MariaDB di CentOS 8: Panduan Lengkap untuk Pemula